Senin, 05 November 2012

SISTEM PEREDARAN DARAH PADA HEWAN


SISTEM PEREDARAN DARAH PADA HEWAN
1.       Protozoa merupakan kelompok organisme yang menyerupai hewan. Semua anggota protozoa bersel satu. Protozoa belum mempunyai sistem sirkulasi khusus. Contoh anggota filium ini adalah amoeba dan paramecium.
Tubuh amoeba hanya terdiri atas satu sel. Oksigen yang diperlukan dan karbon dioksida yang dihasilkan akan diserap dan dikeluarkan secara difusi melalui seluruh permukaan tubuh paramecium, oksigen diserap melalui seluruh permukaan tubuh dan menyebar secara difusi dalam sitoplasma ke seluruh tubuh.
Untuk memahami sistem sirkulasi pada paramecium dan amoeba. Perhatikan gambar di bawah :
Invertebrata mencakup semua hewan yang tidak mempunyai ruas tulang belakang, yang meliputi porifera , coelenterata , platyhelminthes dan lain-lain.

Peredaran darah terbuka adalah peredaran darah yang tidak melewati pembuluh darah . kelompok hewan peredaran darah terbuka dapat dijumpai hewan filium arthopoda misalnya belalang dan daphina dan mallusca (siput).
Sistem sirkulasi pada belalang merupakan pembuluh yang memanjang disepanjang punggung. Ada yang berfungsi sebagai jantung , sehingga disebut jantung pembuluh.
Peredaran darah siput terdiri atas jantung dan pembuluh darah yang sederhana , jantung siput terdiri atas serambi dan bilik yang terletak di dalam rongga perikardial
Peredaran darah pada vrtebrata.
Vertebrata merupakan kelompok organisme yang bertulang belakang, terdiri atas pisces (misalnya ikan), amphibia (misalnya katak), reptilia (kadal) , aves (burung) , mammalia (misal manusia).
Semua vertebrata mempunyai sirkulasi khusus. Terdiri atas peredaran darah tertutup dan sistem getah bening sebagai sistem peredaran darah terbuka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar